Menanti Aksi Klub Bola Voli Putri Puspa Indah

Klub Bola Voli Putri Puspa Indah

Tim VoliKlub bola voli putri Puspa Indah siap-siap memperlihatkan keberadaannya di kancah bola voli DIY.

Belum lama ini, klub yang dari Seyegan Sleman itu mendaftarkan diri jadi anggota Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Sleman.

Klub bola voli putri Puspa Indah bukan tim yang baru, karena telah dirintis semenjak 2012 yang lalu.

Dirintis Oleh Mantan Wasit Sepakbola

Nah menariknya, tim bola voli Puspa Indah ini malah dirintis oleh bekas wasit sepak bola nasional, Sumarman.

“Basic saya sebetulnya olahragawan voli, tetapi rejekinya malah di sepak bola untuk wasit nasional. Meniti profesi untuk wasit semenjak 1993 serta pensiun tahun 2010, saya selanjutnya konsentrasi membina beberapa anak melalui tim bola voli Puspa Indah ini,” tutur Sumarman.

“Buat saya, kenikmatan tertentu saat dapat mendidik beberapa anak dari 0 sampai bisa berprestasi,” sambungnya.

Diterangkan Sumarman, pertama kali dia melatih voli yaitu untuk pekerjaan ekstrakurikuler di sebuah Sekolah Dasar.

Tetapi selanjutnya anak didiknya dapat mencatatkan prestasi bagus di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) cabang olahraga bola voli tingkat Sekolah Dasar.

“Rupanya selanjutnya ketertarikan beberapa anak maupun dari orangtua siswa mengagumkan, serta tidak cuma dari Seyegan saja. Ya semua dari getok tular saja, serta sekarang ini telah mempunyai 80-an anak didik,” katanya.

Selanjutnya Sumarman juga tidak menduga bila klub bola voli Puspa Indah yang dia rintis akan bertumbuh seperti sekarang ini.

Menurut dia, ini tidak terlepas dari suport orangtua siswa dan warga Seyegan.

Bahkan, diawalnya dirintisnya klub bola voli putri Puspa Indah sampai sekarang ini, mereka memakai gudang tembakau punya seorang orangtua siswa yang terdapat di Susukan II Margokaton, Seyegan, Sleman, untuk tempat latihan sekaligus juga sekretariat.

Tetapi karena ukuran lapangan yang tidak sesuai standar, Puspa Indah mempunyai tempat latihan yang lain yaitu di Lapangan bola voli Bantulan, Margokaton, Seyegan, Sleman.

“Saya mengucapkan terima kasih atas suport yang diberi orangtua siswa dan warga Margokaton, Seyegan, sampai pada akhirnya Puspa Indah jadi anggota sah PBVSI Sleman. Tahun 2021 jika ada kompetisi sah, kami bisa mengikuti,” tutur Sumarman.

“Meskipun beberapa anak telah lama serta terlatih berlaga atau sparingan, saya tidak ingin jumawa. Ditambah lagi untuk barisan usia dini benar-benar terbuka peluangnya,” sambungnya.

“Saya berharap beberapa anak binaan Puspa Indah dapat kembali pada ‘kampung halamannya’ sebab benar-benar diperlukan,” harapannya.

Disamping itu, sekjen Puspa Indah, Aldo menjelaskan bila ketertarikan warga pada olahraga bola voli sebetulnya benar-benar mengagumkan.

Hal itu ditunjukkan dengan tetap ramainya laga persahabatan yang diadakan Puspa Indah.

“Cuma pamornya saja yang belum sepopuler sepak bola atau olahraga yang lain. Itu kesempatan, kita manfaatkan media untuk mengusung brand Puspa Indah,” tutur Aldo.

“Kita bukan tim yang punya pemasok dana sekarang ini sebab masih memercayakan pungutan serta pertolongan dari donatur seperti bola dan lapangan. Oleh karena itu kita harus putar otak untuk menyangga tim ini supaya terus berkembang. Kekuatan ada, mengapa tidak kita upayakan,” sambungnya.

“Jadi pemain profesional atau bahkan berlabel nasional adalah mimpinya anak-anak. Mimpi manajemen serta barisan pelatih simpel yakni merealisasikan mimpi mereka. Untuk permasalahan prestasi tim, kita percaya akan mengikuti. Jika pemainnya bagus kan tim pasti juga bagus,” ujarnya.

Author: admin